Selasa, November 25, 2008

Sekolah Pagi, Ngantor Siang

Belakangan ini banyak kalangan yang pro dan kontra atas kebijakan pemprov DKI yang berencana akan memajukan 30 menit jam masuk sekolah bagi para pelajar yang ada di DKI Jakarta. Hal ini dalam rangka mengurangi kemacetan di jalan-jalan Jakarta yang menurut survei kontribusi pelajar dalam menambah kemacetas sebesar 14%, sehingga apabila jam belajar dimajukan akan berpotensi mengurangi kemacetan di jalan.

Ada beberapa alasan-alasan yang yang diutarakan baik yanng pro dan yang kontra. Yang pro menganggap dengan belajar lebih pagi pikiran masih segar dan berharap bisa pulang lebih awal, yang pro terhadap kebijakan ini umumnya mereka yang tinggal dekat rumah. Namun yang kontra menganggap dengan masuk lebih pagi membuat mereka harus bangun lebih pagi lagi, jam tidur malam akan berkurang dan menganggap kontribusi untuk mengurangi kemacetan tidak signifikan, dapat menambah/menimbulkan cost baru karena anak yang biasa berangkat bersama orang tua akan berangkat terpisah.
Sedangkan untuk karyawan swasta akan dihimbau untuk mengikuti zona wilayah. ada zona wilayah yang masuk kantor jam 7:30, 8:00 dan 9:00
Apapun kebijakan yang dibuat oleh Pemprov dalam mengatasi kemacetan yang kian hari kian menambah pusing kepala ini dapat dikaji secara mendalam danmenyeluruh dari segala aspek sehingga tidak ada pihak yang merasa untung dan merasa rugi atau terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar